Senin, 29 Oktober 2012

MAKALAH BASIS DATA

Saya mendapatkan tugas tambahan lagi mata kuliah Pengantar Basis Data (softskill). Dosen menyuruh mahasiswa untuk berfikir sejauh mana anda mengenal Basis Data dengan kata-kata sendiri. Sering mendengar kata Basis Data tapi pemahaman saya masih belum sempurna. Pernah belajar sedikit tentang Basis data yang sering disebut dengan Data base waktu semester 2 oleh Dosen Pengantar Komputer. Saya mulai untuk menjelaskan yang saya ketahui aja.

Basis Data adalah sebuah tempat untuk berkumpulnya data yang saling berhubungan antara data satu dengan data yang lainnya biasanya berbentuk struktur.
 Basis data berkerja sama dengan Software (berfungsi untuk memanipulasi atau mendesain digunakan hanya untuk data tertentu saja) sedangkan Hardware (berfungsi untuk menyimpan data-data secara bersamaan). Jenis Basis Data berbentuk :
  •   Karakter (Contoh : nama, alamat, telepon)
  •           Angka (contoh : 12.75)
  •           Logika (contoh : T. (true) dan .F. (false)
Yang sering digunakan untuk pemograman seperti di bawah ini :
  •    MY SQL
  •    VISUAL BASIC
  •    MICROSOFT ACCESS
  •    DBASE III
  •    DB2
  •    VISUAL BASIC

Contoh database yang pernah saya buat :

Nama
Kelas
       Npm
          Matkul
  Nilai UTS
   Nilai UAS
Darwati ningsih 
1da02
41211752
Pengantar komputer
70
80
Nawangsih  nur
 1da02
45211118
Pengantar  komputer
80
90
Ani
1da03
54579034
Pengantar  komputer
70
70
Tika
1da04
86868805
Pengantar  komputer
70
80
Ertiza
1da05
57595859
Pengantar  komputer
70
70



1 komentar: